• Gadget, Guyon 11.11.2009

    BlackBerry Tour

    BlackBerry Tour

    Jakarta – Indosat akan memasok 2000 unit BlackBerry World Edition untuk dipaketkan bersama layanan StarOne. Salah satunya adalah BlackBerry Tour 9630 yang bisa beroperasi di jaringan GSM dan CDMA.

    Group Head Brand Marketing Indosat, Teguh Prasetya, mengungkap tak hanya satu unit yang disiapkan Indosat untuk peluncuran BlackBerry StarOne yang rencananya digelar pada akhir 2009 ini.

    “Kami akan memasok BlackBerry World Edition yang bisa CDMA+GSM. Serinya ada beberapa, mulai dari Curve 8830 hingga Tour 9630,” paparnya kepada detikINET, di Jakarta, Selasa (10/11/2009).

    Dengan demikian, BlackBerry yang semulai disiapkan untuk CDMA StarOne, kemungkinan besar juga akan dibundel dengan layanan seluler GSM Indosat seperti prabayar Mentari dan IM3, serta pascabayar Matrix.

    BlackBerry Curve 8830 sendiri tak hanya dipasarkan Indosat. Sebelumnya, operator seluler berbasis CDMA, Smart Telecom, juga telah menggelontorkan perangkat bundling tersebut. Smart mematok harga setara Rp 6 juta untuk biaya cicilan handset dan biaya akses selama 12 bulan.

    Sementara BlackBerry Tour 9630 belum pernah dipasarkan operator mana pun di Indonesia. Hanya Telkomsel yang sempat menggulirkan wacana untuk memasok handset tersebut bersama Telkom untuk bundling Simpati, Kartu As, dan Kartu Halo, dengan kartu Flexi.

    Tour 9630 sendiri merupakan varian BlackBerry terbaru yang bentuk fisiknya merupakan kombinasi dari Bold dan Javelin. Hanya saja, Tour memiliki fisik lebih ramping dan lebih ringan ketimbang Bold dengan bobotnya yang seberat 130 gram.

    Ponsel yang berkemampuan 3G/WCDMA HSDPA dan HSUPA ini memiliki kamera 3,15 MP. Lebih bagus dibandingkan Bold yang hanya 2 MP. Untuk urusan memori, Tour yang memiliki kapasitas internal 256 MB juga lebih unggul dari Bold 128 MB.

    Fitur lebih baik yang diusung Tour membuatnya sedikit lebih mahal dibandingkan Bold. Di Amerika Serikat, misalnya, Verizon Wireless memasarkan Tour seharga US$ 699 atau hampir Rp 7 juta. Dibandingkan Bold, AT&T waktu itu membanderolnya dengan harga US$ 629 atau sekitar Rp 6 juta.

    Teguh sendiri belum bisa memastikan harga BlackBerry Curve 8830 dan BlackBerry Tour 9630 yang akan dibundling pemasarannya dengan StarOne. “Harga belum kami putuskan,” pungkas dia. ( rou / faw )

    Sumber: Achmad Rouzni Noor II – detikinet


    Posted by eyoe @ 8:19 am

    Tags: , , , , ,

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *