• Sepakbola 26.04.2009

    Petr Cech berhasil menggagalkan tendangan penalti pemain West Ham, Mark Noble.

    Petr Cech berhasil menggagalkan tendangan penalti pemain West Ham, Mark Noble.

    LONDON, KOMPAS.com – Petr Cech menjadi penyelamat Chelsea, saat menggagalkan tendangan penalti Mark Noble pada pertandingan lawan West Ham United di Stadion Upton Park,  dalam lanjutan Premier League, Sabtu (25/4). Chelsea memetik kemenangan 1-0 dan kokoh di tempat ketiga dengan 68 poin, atau berselisih enam angka dari Arsenal di tempat keempat.

    Bermain di kandang lawan, Chelsea sulit mengembangkan permainan. Strategi bertahan yang diterapkan pelatih Gianfranco Zola efektif mematikan pergerakan  pasukan Chelsea masuk kotak penalti.

    Selama 20 menit Chelsea berusaha menembus pertahanan tuan rumah. Namun, bukannya membobol jala lawan, Chelsea malah hampir kebobolan oleh West Ham.

    Memanfaatkan umpan dari Diego Tristan, Kieron Dyer mengontrol bola di dalam kotak penalti dan hanya perlu menaklukkan Petr Cech untuk mencetak gol. Sial, ketika Dyer melepas bola, jaraknya dengan Cech terlalu dekat. Cech pun dengan mudah menghentikan laju bola.

    Sekitar lima menit kemudian, Chelsea mendapat kesempatan membalas ancaman lawan melalui Nicolas Anelka.  Setelah menerima umpan dari Salomon Kalou, Anelka melepas tembakan dari luar kotak penalti. Namun, bola meluncur ke tengah gawang, tepat dalam tangkapan Robert Green.

    Semenit kemudian, Chelsea nyaris mengungguli tuan rumah. Kali ini, giliran Frank Lampard yang membuat otot-otot Green meregang menjangkau tendangan  jarak jauh. Walau gagal menguasai bola,  tangan Green masih sempat menepis bola yang mengarah ke sudut kiri bawah gawangnya.

    Melihat usahanya masih gagal, Chelsea tetap melanjutkan tekanannya. Namun, baru setelah memasuki menit ke-37, “The Blues” kembali mendapat peluang emas melalui Anelka. Setelah menerima umpan Florent Malouda, kembali menembakkan bola dari luar kotak penalti. Sial, kali ini pun, bola masih meleset ke sisi kiri gawang.

    “The Irons” belum mampu bangkit ketika Chelsea sudah kembali mengancam gawang mereka pada menit ke-39 melalui Juliano Belletti. Masih kesulitan masuk, Belletti pun hanya sanggup melepas tendangan jarak jauh. Sayang, bola lurus mengarah ke gawang, tepat ke arah Green yang tidak kesulitan memblok tendangan keras itu.

    Memasuki menit ke-43, Giliran gawang Cech yang nyaris koyak oleh Diego Tristan. Mendapat umpan dari Mark Noble, Tristan yang berdiri tepat di depan gawang langsung mengirim bola ke gawang. Sial, bola malah membentur tiang kanan Chelsea.

    Hingga wasit Mike Dean membunyikan peluit tanda turun minum, kedua kubu masih berbagi angka 0-0.

    Memasuki babak kedua, Chelsea kembali dikejutkan oleh ancaman West Ham melalui Tristan. Pada menit ke-47, setelah mendapat bola dari Junior Stanislas, Tristan melepas bola ke tengah gawang. Sial, bola berhasil diblok oleh Cech.

    Chelsea  hanya membutuhkan waktu empat menit untuk ganti membalas serangan West Ham. Menggunakan umpan terobosan Florent Malouda, Lampard yang berdiri di tengah kotak penalti melepas tendangan ke arah gawang. Sial, alur bola lurus-lurus saja ke tengah gawang sehingga mudah ditangkap Green.

    Usaha Chelsea akhirnya berhasil membuahkan gol pada menit ke-55. Dari sisi kanan dalam kotak penalti, Lampard melepas umpan silang kepada Kalou. Kalou yang berada di depan tiang kanan Chelsea langsung mengirim bola ke sudut kanan bawah jala. Green yang sudah salah langkah tak bisa berbuat apa-apa.

    Tertinggal satu gol, West Ham langsung membalas dengan serangan cepat. Dari luar kotak penalti, Mark Noble melepas tendangan ke sudut kiri bawah gawang. Sial, Cech masih mampu membaca arah bola dan menangkapnya.

    Usai ancaman itu, Chelsea kembali membangun serangan. Setelah memasuki menit ke -66, “The Blues” kembali mendapat peluang emas melalui Ashley Cole. Dari sisi kiri kotak penalti, Cole masuk membawa bola. Menjelang gawang, ia melepas tembakan ke kanan atas gawang. Sial, bola membentur mistar gawang dan terbuang keluar arena.

    Chelsea belum menggandakan keunggulan ketika tuan rumah mendapat hadiah penalti pada menit ke-71, menyusul pelanggaran Kalou kepada Tristan. Noble dipercaya mengambil penalti ini. Ia mengirim bola ke sudut kiri gawang Cech. Namun, Cech berhasil mengetahui rencana itu dan menjatuhkan diri ke arah yang benar dan berhasil menepisnya.

    Selanjutnya, permainan mulai berjalan melambat, Chelsea menurunkan tempo. Sementara West Ham juga melanjutkan strategi bertahan. Chelsea harus menunggu sampai menit ke-84 untuk mendapat kesempatan menambah gol melalui Malouda. Dari luar kotak penalti, Malouda menembakkan bola ke arah tengah gawang. Namun, bola berhasil dimentahkan oleh Green.

    Namun, usaha kedua kubu tak kunjung berbuah gol. Skor 1-0 untuk Chelsea bertahan hingga akhir laga. Bagi West Ham, hasil ini membuat celengan mereka tertahan di angka 45 poin dan mapan di peringkat kedelapan. (SCN)

    Susunan pemain:
    West Ham:
    Green; Upson, Tomkins, Ilunga, Neill; Noble, Dyer (Sears 61′), Stanislas,
    Chelsea: Boa Morte (Savio 72′); Tristan, Di Michele (Kovac 61′)
    Chelsea: Cech; Ivanovic, terry, Bosingwa (Cole 58′), Mancienne (Ballack 83′); Obi Mikel, Lampard, Belletti; Malouda, Anelka, Kalou (Essien 73′)

    Sumber: http://bola.kompas.com/read/xml/2009/04/25/23160470/Cech.Selamatkan.Kemenangan.Chelsea

    Posted by eyoe @ 12:31 am

    Tags: , , , , , , , , , ,

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *