• AS400 14.06.2009

    Bagi rekan-rekan yang mau belajar AS/400 ini ada free server yang bisa digunakan. Alamatnya ada di http://www.rzkh.de/ nih website total pakai bahasa Jerman, secara yang punya emang orang Jerman :D. Tapi jangan khawatir ada versi Inggrisnya juga alamatnya di http://www.rzkh.de/english/indexeng.html .

    Halaman depan www.rzkh.de

    Halaman depan www.rzkh.de

    Untuk mendapatkan account di server ini, pertama kita harus registrasi terlebih dahulu. Ada beberapa pilihan yang jenis account yang disediakan yaitu Free, Developer, Group dan Business. Jenis-jenis account tersebut dibedakan berdasarkan fasilitas/fitur yang didapat serta biayanya. Untuk jenis account Developer, Group dan Business kita harus membayar dengan sejumlah tertentu. Karena topiknya Free AS/400 server, jadi pilih aja yang jenis Free :).

    as400_150b

    AS400 Server

    Setelah mendaftar kita akan menerima email konfirmasi yang harus kita buka dulu, agar user kita di rzkh.com dapat aktif. Klo user kita sudah aktif kita akan mendapat email sekali lagi yang berisi user name, password, nama library dan System Address (IP Publiknya www.rzkh.de). Untuk Sytem Address biasanya adalah PUB1.RZKH.DE atau klo kita coba ping akan didapatkan IP-nya yaitu 62.176.136.104.

    Nah sekarang saatnya kita tes koneksi ke PUB1.RZKH.DE. Kita dapat menggunakan emulator dari clients access untuk melakukan koneksi atau software emulator lainnya, klo saya enaknya pakai Power Term soalnya dah kebiasaan sih hehe…. Tapi ada cara simplenya yaitu dengan menggunakan telnet dari command prompt. Caranya yaitu:

    1. Buka command prompt (DOS Prompt): Start » Run » ketik CMD

    2. Pada layar Command Prompt ketik: “telnet PUB1.RZKH.DE” tanpa tanda kutip.

    3. Klo berhasil akan muncul tampilan seperti ini:

    Telnet ke pub1.rzkh.de

    Telnet ke pub1.rzkh.de

    4. Login sesuai dengan username dan password yang telah dierima. Pada saat pertamakali login, system akan meminta anda untuk mengganti password.

    Sebagai catatan, Telnet merupakan cara yang paling mudah untuk melakukan testing koneksi ke www.rzkh.de akan tetapi telnet ini memiliki kekurangan yaitu agak lemot bila dibandingkan dengan emulator yang lain.

    Bagi anda yang menggunakan power term, seperti biasa lakukan setting koneksi dengan mengetikan 62.176.136.104 atau PUB1.RZKH.DE pada kolom Host Name.

    Koneksi menggunakan Power Term

    Koneksi menggunakan Power Term

    2

    Halaman Login

    3

    Main Menu rzkh.de

    Untuk melakukan transfer file, kita dapat menggunakan ftp.

    FTP ke rzkh.de

    FTP ke rzkh.de

    *******

    Thanks to:

    » Mrs. Ita A Nadra, selaku mentor di 400education.com yang telah memperkenalkan RZKH

    » Mr. Holger L. Scherer, selaku yang punya server

    Posted by eyoe @ 10:58 pm

    Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,

  • 6 Responses

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *